Tuesday, December 19, 2006

Perlu Dirawat Juga

BismillaaHirrohmaanirrohiim

Setelah keguguran, saya harus dikuret karena kantung plasenta masih tertinggal didalam rahim. Setelahnya, selain bleeding *mungkin seperti darah nifas setelah melahirkan* juga disertai ngilu dan kram disekitar perut plus kembung.

Seperti anjuran dokter, minum antibiotik selama seminggu, Folic Acid dan pain killer jika perlu. Itu thok! Toh saya pikir juga "cuma" keguguran, *mungkin* side effect nya tidak sedasyat seperti setelah melahirkan sampe harus minum jamu, pakai bengkung dan ritual lainnya.

Nelpon mama di Bekasi, katanya gini,

"Kalau nglahirin normal, bayi keluar sendiri. Nah kalau dikuret, dimasukin alat ke dalam rahim. Ibaratnya rahim dalam kondisi terluka. Jadi tetep harus perawatan seperti habis melahirkan."

Jadilah setiap hari, setelah sarapan, saya harus menghajar madu, folic acid, pil jamu dan kunyit asem, kurang lebih 40 hari setelah dikuret. Tambahan lagi, setiap habis mandi pagi, perut diolesi minyak telon, tapel sirih dan pakai korset.

Ribet memang, tapi terbukti berkhasiat *buat saya*. Jadi jalani sajah...

Oiya, jamu habis bersalin dan kunyit asem nya saya dapat dari Joo Chiat Complex *deket Paya Lebar MRT*. Daun sirih ada di wet market Geylang. Kalau di KL, toko jamu-jamuan Indo bertebaran di Chow Kit.

3 comments:

Susi-Nasywa-Syamil said...

Irma.. kalo jadi anak memang harus nurut apa kata ibu, jadi ritual yang ribet harus tetap di jalani yah selama 40 hari, biar cepet dapet gantinya, amin..amin...amin..

Anonymous said...

saya waktu dulu juga bleeding sampe hampir 40 hari seperti nifas, dan langsung disambung mens. "capek" juga berdarah terus :(.

tapi ibu saya ga pernah nyaranin jamu2an sih. asal udah tanya dokter, ya udah. begitu juga waktu habis melahirkan. ga pernah nyuruh macem2.. kalo saya nanya, malah jawab beliau, "udah lah kamu tanya dokter aja. yang bener jaman mama blom tentu sekarang masih bener". hehehe..

Anonymous said...

to mbak Yanti: Alhamdulillah saya bleeding cuma 6 hari. Cuma kalo jalan perutnya suka ngilu2, kram, kembung plus susah pup.

alhamdulillah setelah perawatan itu jadi jauh lebih baik, isyaAlloh ga ada keluhan lagi, makanya dilanjutin aja :)

Irma