Wednesday, April 11, 2012

Ijin Tinggal Si Adek (Part 2)

BismillaaHirrohmaanirrohiim

Berhubung krucils masih pada tidur, lanjut manggggg..... :)

Part 1 - nya bisa dibaca disini ya.

Tanggal 16 November 2010, ijin tinggal si Adek approved buat setahun kedepan. Ternyataaaa 28 November, karena satu dan lain hal, kami sekeluarga pindah ke Indonesia (hmmm kebiasaaan buruk yang jangan pernah diulang lagi, mikir-ambilkeputusan-packing-pindah kurang dari 2 minggu).

Sebenarnya sayang juga ijin tinggal yang sudah diperjuangkan setahun jadi ga manfaat. Tapi kondisinya memang harus seperti itu, yaaa dijalani saja.

Rencana tinggal di Indonesia minimal 2 tahun (minimal yaaa, jadi bisa aja sampai 3, 4 atau 5 tahun heheheh), ternyata hanya "bertahan" setahun lebih sedikit saja sodara-sodara!

Resmi per 15 Januari 2012, kami menjejakkan kaki di Singapur lagi. Artinya, perjuangan ijin tinggal si Adek berlanjut lagi karena yang sebelumnya sudah expired alias kadaluarsa :(

Aura perjuangan sudah terasa waktu di imigrasi Changi Airport. "Mau tinggal di Singapur berapa lama?" kata petugasnya sewaktu periksa passport si Adek.

Dapat ijin tinggal 30 hari. Setelah itu, segera kami daftarkan (lagi) untuk Permanent Resident (PR). Begitu ijin tinggal hampir habis, gunakan e-extend, dapat perpanjangan ijin tinggal 2 bulan.

Dannnn Alhamdulillah... tanggal 4 April 2012 lalu permohonan PR si Adek approved!
Subhanalloh... Alhamdulillah...

Jadi lebih tenang karena tidak perlu bolak-balik kantor imigrasi buat perpanjangan ijin tinggal dan ada jaminan si Adek bisa sama-sama tinggal dengan kami.

Alhamdulillah perjuangan kali ini prosesnya lebih cepat dan lebih lancar, kurang dari 3 bulan.

Salut buat imigrasi Singapur, karena:
1. Menyediakan banyak layanan elektronik yang sangat memudahkan, e-appointment dan e-extend, contohnya.
2. Semua proses permohonan jelas dan tidak berbelit-belit.
3. Biaya ijin tinggal juga sangat-sangat wajar dan rasional. Tidak ada "amplop-amplop dibawah/diatas meja buat petugas karena semua pembayaran dilakukan dengan kartu (debit card atau credit card), jadi petugas sama sekali tidak "pegang" uang.
4. Pelayanan ramah.
5. Hmmm apalagi ya.... T.O.P pokoknya mah

No comments: