Wednesday, October 12, 2005

Masak yok masak...

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Dulu, zaman masih sekolah, kayaknya aku anti banget ama dapur termasuk kegiatan masak-memasaknya. Kuliah jadi anak kost, semakin menjauhlah dari dapur. Aku bahkan harus mikir beberapa saat dulu supaya bisa membedakan mana langkuas, jahe, kencur. Tapi kalau kunyit sih tau, tinggal di belah aja, kalau kuning berarti kunyit :D

Bukan nya apa-apa, ribet ama bumbu-bumbu yang segitu banyak. Apalagi tiap masakan ada campuran bumbunya sendiri. Ga pernah bisa dihapal *soalnya emang ga dipraktek-in sih* dan ga ada rumusan pastinya *emangnya matematika apa*, yaah dikira-kira aja.

Menjelang nikah, suami udah wanti-wanti supaya aku belajar masak dan setelah nikah HARUS bisa masak *glek*. Akhirnya, mulai lah main-main ke dapur mama. Tanya ini-itu, catat ini-itu, lihat ini-itu, coba masak ini-itu. Yah, buat sementara cukuplah bekal masak ku.

Setelah nikah langsung diboyong ke Singapur. Pertama kali diajak putar-putar ke wet market bareng suami. Setelah itu,
"Ya udah, kamu belanja buat masak. Aku tunggu di stall sugar cane"

Gubrak..... bingungggg. Sebelumnya ga pernah belanja ke pasar sendirian. Selalu ama mama, itu pun jadi tukang angkut-angkut. Kalau mama tanya ini-itu, aku cuma jawab "terserah mama aja". Udah gitu, aku suka marah kalau mama nawar-nawar kebangetan. Bayangin aja, harga sayur-mayur dan lauk-pauk berapa sih? *bukannya sok lhooo* Kalau masih ditawar juga, kan kasihan yang jualnya. Maka nya mama juga jarang ngajak aku ke pasar. Kata mama "Rese".

Kembali ke wet market. Akhirnya aku belanja beberapa sayur-mayur, walaupu belum terbayang mau dimasak apa. Sekedar ada sekantung belanjaan yang dibawa serta.

Masak pertama kali. Hancurrrrrr....... Masak sayur tumis labu siam. Setelah labu dipotong-potong, diremas-remas dengan garam biar ga kaku. Setelah itu aku simpan, masak nya nanti sore aja, menjelang suami pulang. Rupanya, tuh garam meresap kedalam relung-relung potongan labu siam *syeh*. Begitu di cicipin, asinnnnnnn. Makannya sambil merem *dan susah melek lagi, hehehe*.

Pernah juga masak hati dan ampela ayam goreng bumbu kunyit. Aku kasih kunyitnya kebanyakan. Jadinya, hati dan ampela ayam rasa kunyit :(

Sekarang, alhamdulillah sudah tak separah dulu. Tapi ternyata aku udah merasa cukup "aman" dengan kondisi sekarang. Ga sadar, sampai akhirnya suami ku protes,
"Menu nya ganti-ganti dong. Masa' makan ini melulu".

Afwan mas. Rupanya aku udah ke-enak-an dan mulai malas belajar masak lagi. Akhirnya, mulailah sekarang buka-buka buku resep yang dulu aku bawa dari Indo. Browsing di internet, cari resep mudah, cepat dan enak. Mudah-mudahan bisa masak menu spesial setiap hari :) Spesial bukan berarti harus mahal khan? Yang penting enak.

Btw, temen-temen ada yang punya resep ga? Mau dongg..

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

2 comments:

Anonymous said...

Mamee...pisang raja namanya sama kok klo disini trus nyari sagunya di NTUC juga ada, atau giant, atau di pasar yg toko2 melayu atau di toko2 kue atau seng siong supermarket yg serba murah itu atau...atau...kerumahku hihihihi ;)

Ellen Widyasari said...

sama,neng..sama..
bahkan waktu mau ngelamar,si akang dulu diwanti-wanti sama mamah :"Ellen gak bisa masak,lho.."

baru mulai blajar masak setelah terdampar di sg..secara aku n suami doyan jajan,dan sama makanan di sg masih jauuuh dari familiar,ya terpaksa harus blajar masak. modalnya buku telpon, browsing,tanya temen n sms ke mamah n mertua :)