Monday, April 10, 2006

Rosululloh Saw. (1) Watak & Kepribadian Beliau

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Dalam rangka maulid Nabi Muhammad Saw., tulisan berikut saya kutip dari sebuah buku "Mengenal Kesempurnaan Rasul Dari Segala Dimensi Kehidupan", penulis Syaikh Muhammad Jamil Zainu, penerbit Yayasan Al-Madinah, Surakarta.

Semoga bermanfaat... Semoga bisa membuat kita lebih mengenal Rosululloh Muhammad Saw., manusia agung sepanjang zaman.
**

Kelahiran Rasulullah Saw.
"Sungguh Allah telah memberi karunia kepada orang-orang yang beriman ketika Allah mengutus diantara mereka seorang Rasul dari golongan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, membersihkan (jiwa) mereka, dan mengajarkan mereka Al-Kitab dan Al-Hikmah dan sebelum itu, mereka benar-benar berada dalam kesesatan yang nyata." (Q.S. Ali Imran:164)

Rasulullah Saw. pernah ditanya tentang puasa pada hari senin?. Beliau menjawab: "Pada hati itulah aku dilahirkan, lalu diangkat menjadi Rasul dan diturunkan Al-Qur'an kepadaku." (H.R. Muslim)

Rasulullah Saw. dilahirkan pada hari senin bualn Rabi'ul Awal di Makkah Al-Mukarramah tahun Fiil (571M), berasal dari kedua orangtua yang sudah ma'ruf. Bapaknya bernama Abdullah bin Abdul Muthallib dan ibunya bernama Aminah binti Wahb. Kakek Beliau memberinya nama Muhammad. Bapak Belaiu meninggal dunia sebelum kelahirannya.
**

Nama dan nasab Rosululloh Saw.
"Muhammad adalah Rasulullah." (Q.S. Al-Fath:29)

"Saya memiliki lima nama: Saya Muhammad, saya Ahmad, saya Al-Mahi yang Allah menghapus kekufuran denganku, saya Al-Hasyiryang manusia dikumpulkan diatas kedua kaki ku, dan saya Al-'Aqib yang tidak ada NAbi pun setelahnya." (Muttafaq 'Alaih)

"Sesungguhnya Allah telah memilih dari keturunan Ismail Kinanah, dan dari Kinanah Allah memilih Quraisy, dan dari Quraisy Allah memilih Bani Hasyim, dan dari Bani Hasyim Allah memilih saya." (H.R. Muslim)
**

Rasulullah Saw. seolah-olah kamu melihatnya
Dari Jabir bin Samrah r.a. berkata: "Saya pernah melihat Rasulullah pada malam bulan purnama. Saya memandang Beliau sambil memandang bulan. Beliau mengenakan pakaian merah. Maka menurut saya beliau lebih indah daripada bulan." (Dikeluarkan AtTirmidzi, dia berkata HAdits Hasan Gharib. Dan dishahihkan oleh Al-Hakim serta disetujui oleh Adz-Dzahabi)
**

Keutamaan-keutamaan Rasulullah
"Hai Nabi, sesungguhnya Kami mengutusmu untuk menjadi saksi, dan pemberi kabar gembira dan peringatan. Dan untuk jadi penyeru kepada agama Allah dengan izin-Nya dan untuk jadi cahaya yang menerangi. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang beriman bahwa sesungguhnya bagi mereka karuinia yang besar dari Allah." (Q.S. Al-Ahzab:45-47)

"Tidaklah Kami mengutusmu kecuali untuk menjadi rahmat bagi semesta alam." (Al-Anbiyaa':40)

"Saya adalah pemimpin anak Adam pada hari kiamat, saya yang pertama kali dikeluarkan dari kubur, yang pertama kali memberi syafaat dan yang pertama kali diberi hak untuk memberi syafaat." (H.R. Muslim)
**

Bersambung...

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

2 comments:

Anonymous said...

safdasdadasda

Anonymous said...

blh ajaq wat kuih bahulu dgn apam x?