Tuesday, May 08, 2007

Sepanjang Jalan Itu

BismillaaHirrohmaanirrohim

Alhamdulillah sampai juga di Jeddah dengan selamat :)

Sempet deg-degan sebelum berangkat mengingat ini long flight pertama saya, sendirian pula. Awalnya kita sudah mengusahakan supaya bisa berangkat sama-sama tapi apa daya terbentur peraturan imigrasi negara ybs.

Belum bisa apply visa karena MT berangkat pake visa bisnis yang masa berlakunya cuma satu bulan dan harus extend tiap bulannya. Setelah ganti jadi visa kerja dan punya Iqoma (semacam kartu tanda menetap), baru lah visa saya mulai di proses.

Awalnya mau berangkat pake Garuda karena direct flight. Tapiii... waktu MT berangkat dulu, flight jam 12.30 WIB delay *tanpa alasan yang jelas* jadi jam 21.00 :(

Akhirnya naik Singapore Airline yang tepat waktu, walaupun konsekuensinya harus transit dulu. Dari Soetta jam 09.15 WIB, sampai di Changi 11.50 local time di Gate F41. Ganti pesawat, harus boarding jam 12.00 di Gate E20. Lumayan ngos-ngosan soalnya jalan lari sambil nggeret cabin luggage dari ujung ke ujung, fiuh *sambil nyeka keringet*.

Oiya, di Soetta pengecekan barang bawaan ke kabin *terutama yang berupa cairan* sepertinya diperketat. Pemeriksaan pertama setelah pintu masuk, olive oil, pembersih dan penyegar *@ 175ml* udah kena sensor. Berhubung rumah keong koper besarnya udah masuk bagasi duluan, akhirnya barang-barang tadi titip mama, dibawa pulang lagi :(

Pemeriksaan kedua, sebelum masuk boarding room. Kali ini kuah "empek-empek Pak Raden" saya titipan yang kena tilang :(

"Klo kuahnya ga boleh dibawa, nanti saya makan empek-empek nya pake apaan dong pak?", sambil pasang muka memelas.

Tetep teu mempan pisan, katanya karena kuahnya itu cuka yang sifatnya korosif. Ya sudahlah, karena alasannya logis, saya relakan juga kuah itu berpindah tangan.

Yang sempet saya protes, kenapa waktu pemeriksaan sebelumnya kok si kuah ga kena sensor? Harusnya kan standar pemeriksaan yang dipake sama...

Okeh lanjut, berangkat lagi dari Changi 13.00 local time, sampai di Abu Dhabi 16.15 local time. Transit cuma satu jam jadi ga usah keluar pesawat. Lumayan bisa buat berdiri sambil jalan mondar-mandir. Gambar disamping, Abu Dhabi airport dari atas.

Menjelang landing, dari atas kelihatan hamparan gurun, sedikit hijau disana-sini. Eh kelihatan seperti ada semut berbaris, ooo ternyata mobil yang lalu lalang dijalan yang membelah padang pasir. Disekitar airport perumahannya terlihat seperti maket lengkap dengan mobil-mobilannya, rapi sekali.

Akhirnya sampai juga di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, jam 18.40 local time. Sekitar jam 22.40 WIB. Total jendral perjalanan saya kira-kira 14 jam. Gambar disamping, terminal khusus para jemaah haji, buesarrr banget, subhanalloh.

Sebelumnya, begitu turun pesawat di Jeddah, perempuan yang pergi tanpa mahrom dipisahkan. Biasanya para TKW yang harus di cek dulu izin kerja nya.

Nah, saya termasuk yang dipisahkan itu.
"Why?", tanya saya ke petugasnya.
"Are you working here?"
"No, i'm visiting my husband here"

Nah untungnya, cabin luggage saya dibawain ama seorang bapak *Syukron Pak!*, mungkin dikira petugasnya, dia itu suami saya. Alhamdulillah ga jadi dipisahkan, lewat jalur umum.

Di imigrasi, check point untuk pria, wanita dan famili dipisah. Ditanyain lagi tuh,
"Where is your husband?"
"He pick me up outside."
Bapak petugas kelihatan ragu-ragu. Alhamdulillah akhirnya passport saya di stempel juga, "cetok!" :)

Dari cerita seorang teman yang juga nyusul suami nya ke sini sendirian, biasanya klo wanita pergi tanpa mahrom, harus ada bukti valid bahwa suaminya benar-benar tinggal di Jeddah dan menjemputnya di luar. Caranya, minta tolong seseorang untuk pinjem kartu iqoma suami nya dan memperlihatkan ke petugas.

Alhamdulillah kemarin itu Alloh memberi saya kemudahan , Alhamdulillah.

Oiya, ada lagi, sebelumnya MT udah pesen,
"Menjelang landing di Jeddah nanti pake baju hitam ya".

Siip lah, udah disiapin di ransel. Cuma yang saya bawa kan baju gamis, bukan model abaya, jadi ngganti nya agak repot di lavatory pesawat yang seiprit itu.

"Ah mungkin ga apa-apa ga pake baju hitam, yang penting nutup aurat dengan rapi", begitu pikir saya.

Tapiii... begitu nongol di pintu keluar, yang nunggu semuanya cowok, kok ngeliatin saya sih? Untungnya udah ada MT yang jemput, langsung aja ngacir ke parkiran.

Ternyata oh ternyata, peraturan Pemerintah Jeddah, setiap perempuan (muslimah atau non muslimah) yang keluar rumah, wajib kudu harus pake abaya hitam. Pantesan aja tadi saya dianggap aneh kali ya... hehehe

Ok, nanti lanjut lagi cerita nya ya...

Gambar dari Google

4 comments:

Ellen Widyasari said...

duh, jadi kangen sama bandara King Abdul Aziz..hehe..salam buat ophie ya..

Susi-Nasywa-Syamil said...

Alhamdulillah ya ir selamat sampai suamimu di jeddah, semoga betah disana, doain ya ir biar nyusul kesana he..he..(mikir dulu ach kapan ya?????)

Ni'am said...

ati-ati ya Mbak...moga-moga enjoy hidup di sana. waah...bisa sering-sering umroh niy :D

*jadi ngiri*

Anonymous said...

Uhuuuy, seru cerita n fotonya Irma. Semoga sehat2 aja yah.