Friday, December 14, 2012

Dibuang Sayang... (Edisi 2011)

Pindahan tulisan dari Multiply ke Blogspot


20/10/2011

Disini Disana Kesini Kesana

BismillaaHirrohmaanirrohiim

Bingung kan judulnya. Sama ama yang nulis, bingung :( Pindah tempat tinggal sebenernya kebutuhan, keinginan ato malah jadi hoby ya (karena saking seringnya).

Hampir setahun di (pinggiran) Jakarta, wowww udah mau setahun aja, dan sudah mulai merencanakan kepindahan berikutnya (walopun kemungkinan tidak dalam jangka waktu dekat, as my request).

Oh nooooo..... Oh yesssss..... Seperti biasa (lagi-lagi karena saking seringnya pindah) perasaannya ya sedih, seneng, semangat, males. Campur aduk.

Waktu masih beduaan, mau pindahan tinggal kemas-kemas barang ke koper. Tiap orang jatahnya satu koper besar (kapasitas 30Kg) dan satu cabin luggage. Done. Isi koper ga jauh-jauh dari baju, dokumen-dokumen, buku, elektronik yang kecil-kecil.

Sekarang aturannya ga berlaku lagi. Jatah kapasitas koper per orang udah jauhh melebihi seharusnya. Kayak pindahan terakhir, bagasi 120Kg plus cabin luggage plus dikirim pake ekspedisi plus suami klo pas singgah dirumah lama bawa sekitar 20-30Kg plus sebagian yang masih ditinggal di gudang.

Udah kebayang-kebayang tempat baru tapi jadi ilfeell klo ingat harus packing dan unpacking.. Kumaha ieu?? Kelinci 2 ekor, Ikan 3 ekor, kura-kura, keluarga ayam kate 5 ekor, diangkut semua? Belum segala yang hijau-hijau pohon belimbing, sawo, mangga, lengkeng, cincau, salam, daun jeruk, sirih, sirih merah, melati, jambu biji, katuk, pandan, suji, anggrek, dll, dsb... serasa mau diangkut juga :(

Sudah dulu bingungnya. Tidur, besok pagi anter anak sekolah. Nite...Nite...
 
Comment:


mau pindah kemana, irma? semoga prosesnya lancar ya...


balik kandang lagi mba Dew


Halaaah...baru tau kalo irma udah setahun di jakarta. pantesan kemaren sms ga dibales. Xi xi xi... Mo boyongan ke kandang singa lagi kah? Yiiiipiiiiiii:))

 

 ********************************************************************************

 

20/10/2011

Tembok Berlin

BismillaaHirrohmaanirrohiim

Bukan tembok yang ada di Jerman sana. Ceritanya dari arah Sudimara mau ke Kunciran. Ga tau daerahnya, contekan (peta seadanya) minim info, mau pake GPS ga tau alamat tepatnya. Jalannya modal bismillah aja (ama bensin tentunya karena belak-belok ga karuan).

Sampai pemberhentian ke sekian (puluh) kali buat nanya arah.

"Terus aja, nanti ketemu tembok Berlin belok kanan"

Hah? Tembok Berlin? Ternyata maksudnya, tembok tinggi (kurleb 3 meter-an) yang ada disepanjang jalan. Baru ngeh juga, ternyata di balik tembok itu isinya rumah-rumah berjejer rapi, tingkat dua, besar-besar, jalannya lebar muat tiga mobil.

Sementara di sisi yang saya lewati saat itu, klo ada dua mobil papasan, salah satu harus ngalah dan menepi (sambil cari tempat yang bisa buat minggir), rumah berdempetan rapat. Saluran air ga karuan.

*****

Dirumah, ngobrol sama si Mpok yang biasa bantu-bantu dirumah, pulang pergi.

"Klo ke sini lewat mana Mpok? kan pintu gerbangnya lumayan jauh?"

"Lewatin tembok Berlin Bu"

Hah? Ini tembok disekeliling perumahan yang saya tinggali, sebutannya tembok Berlin juga?

Menurut saya, karena model rumahnya ga pake pagar, dari jalanan terus halaman sedikit terus langsung pintu ruang tamu, keberadaan "tembok Berlin" perlu. Harus malah. Buat keamanan.

Klo ternyata ada efek lain dari tembok itu, seperti yang saya lihat di satu sisi tembok Berlin yang lain, gimana ya. Cuma berharap semoga kehidupan di satu sisi tembok bisa bermanfaat buat sisi yang lain. Begitu juga sebaliknya.

 

 *****************************************************************************

 
06/10/2011

PRT

BismillaaHirrohmaanirrohiim

Ada juga yang nyebutnya ART. Alhamdulillah akhirnya hari ini datang juga. Yang ke-3, sejak Januari tahun ini. Review dikit, yang pertama, dihari ke empat pagi-pagi tiba-tiba nangis minta pulang. Katanya bingung naek turun mesti pencat-pencet lift, ke pasar jauh, dikampung masih ada urusan yang harus diselesaikan. Lha, ga ada yang maksa emak datang ke Jakarta (saya manggilnya emak, usia 40-an). Yo wis, daripada kepikiran dan takutnya malah sakit, saya anter ke terminal Pulo Gadung.

Yang kedua, bertahan sebulan. Lebih sepuh dari yang pertama. Ngakunya udah pengalaman kerja, udah biasa "megang" anak-anak. Dikampung cucunya udah lebih dari selusin. Tapi pernah kapan hari, cah bagus nomor 2 BAB, pas saya ga ada. Si mbok ga mau bersihin, nunggu saya pulang. Baunya udah ngambreng kemana-mana. Padahal pake diaper kan lebih cepet bersihinnya ya. Terus mungkin karena jauh lebih tua, buanyak pengalaman, agak susah dibilangin. Caranya ya caranya juga. Klo untuk hal-hal sepele sih gapapa, saya masih bisa toleransi. Tapi mosok dari pagi sampe tengah hari sibuk dengan cucian thok. Padahal sudah dibilang berkali-kali, cuci baju setelah anak-anak selesai mandi. Ya sud, daripada pegel hati, saya kembalikan.

Nah yang ketiga, lebih muda dari yang pertama dan kedua. Hari pertama kesannya cukup positif.

Sebenernya untuk urusan PRT antara butuh dan ga butuh siy.

Ortu sejak 3 anak masih pitik-pitik sampe gede ga pernah pake PRT. Mertua juga begitu. Jadi kita bukan dari keturunan keluarga yang ada PRT. Terbiasa mengerjakan semuah pekerjaan sendiri, dengan cara sendiri.

Tapi kondisinya sekarang, cah bagus nomor 1 dan 2 sudah sekolah. Saat saya anter cah bagus 1, harus ada yang nunggu cah bagus 2 dirumah. Begitu juga sebaliknya. Plus, selain urusan -beresin menan, ngelap-ngelap debu, nyapu, ngepel, cuci baju, nyetrika, siram pohon, kasih makan ayamkelinciikankurakura, maen ama anak, mandiin, nyuapin, cuci motor, cuci mobil, nyiapin makanan (apa lagi ya yg terlewat)- masih ada urusan-urusan laen yang sama pentingnya.

Mencari cara bagaimana semua urusan (tersebut diatas, termasuk urusan laen ituh) bisa terlaksana dengan baik. Mudah-mudahan dengan adanya si mbak, sebagian tugas bisa didelegasikan (ciehhh bahasanya) dan saya bisa konsentrasi ke urusan lain yang memang butuh konsentrasi (hihihi belibet begini).

Mudah-mudahan cocok dan betah ya mbak....
 
Comment:


mb irma, pesen pembantunya dimana? boleh tau nggak? secara, saya juga sedang perlu. terimakasih sebelumnya yaaa....


semoga dapat asisten yang sesuai dengan harapan ya mba.. gampang2 susah, never ending story pokoknya hehe


iya mba, mudah2an cocok. Capek juga gonta-ganti asisten


Yang ini saya dapet dari pembantu di tetangga sebelah

 

 *******************************************************************************

 
29/04/2011

Snoing

BismillaaHirrohmaanirrohiim

Alhamdulillah sejak pulang kampung, perkembangan bahasa si mas cukup pesat. Ya Indonesia, ya Inggris, ya ekspresinya. Sudah tau kata dan maksudnya, pengucapannya yang kadang menuju sempurna. Seperti kejadian ini...

Lagi ngariung diruang keluarga, tau-tau si mas nyeletuk,

"Ibuk, snoing"

"He? snowing?", sambil bingung.

"Snoing", diulang lagi tapi si mas ga senyum. Tanda kalo tebakan Ibuk salah.

"Mas, can you show me, what is snoing?"

Si mas mengatupkan kedua tangannya. Ditempelkan ke pipi, kepalanya agak miring. Matanya merem sambil mulutnya buka tutup manyun bersuara "aaa.... uuu... aaa... uuu".

"Oooo... snoring"

"Snoing", kata si mas lagi sambil senyum-senyum manis bikin Ibuk gemessss ama kamu (gpp dong muji anak sendiri).

Seingat saya, ga pernah ngajarin kata snoring. Darimana si mas tau ya? Atau melihat contoh langsung? heheheh....

 
**********************************************************************************
 

20/04/2011

Yok Sekolah

BismillaaHirrohmaanirrohiim

Maksud sekolah disini jauuh dari bayangan: anak SD yang sedang duduk manis dengan tangan terlipat dimeja sambil perhatiin guru yang menerangkan pelajaran di depan kelas. Lha wong cah bagus masih balita.

Tempat bermain (sambil belajar) yang berupa lembaga formal. Bahasa kerennya Preschool begitu.

Berikut perjalanan si mas dan sekolahnya. Saya hanya membahas dari sisi si mas, bukan bagaimana profil sekolahnya. Kecuali kalau dibayar karena sudah berpromosi (heheh otak duit).

1. MyGym, Marine Parade, Sg.

Mulai sekolah umur 2 tahun. Si adek waktu itu umur 4 bulan. Si mas sudah terlihat cemburunya. Sekolah ini buat sarana "me time" ibuk dengan si mas dan bapak dengan si mas. Jadi walopun udah ada adeknya, si mas merasa ibuk bapak tetep sayang sama dia, tetep mau maen ama dia. Selain itu buat menghilangkan efek nempel terusss ama ibuk bapak (dan ga mau ama orang lain).

Karena masih dibawah 3 tahun, sekolahnya harus didampingi (bisa orangtua, kakek/nenek atau nanny). Jadwalnya tiap sabtu jam 12 siang.

Satu jam pertama ditemani ibuk, materi mainnya tersusun dan ditentukan guru. Sementara itu, bapak dan adek keliling di Parkway Parade yang tinggal nyebrang parkiran doang dari sekolahan. Satu jam selanjutnya free play, bebas mau maen apa aja yang ada disitu, gantian ditemani bapak. Adek nyusu ASI sambil ibuk istirahat (walaupun cuma menemani tapi capek juga ternyata). Selesai main, si mas makan bekal yang Ibuk bawa dari rumah.

Efek "me time" nya terasa. Tapi nempel teruss nya masih teteppp. Saat sesi playing together, dimana para pendamping menepi, hanya anak-anak dan guru yang main bareng, si mas tetep bolak-balik ke Ibuk. Akhirnya kita putuskan cari sekolah yang tiap hari dan tidak ditungguin ibuk. Sekalian child care gitu, biar ibuk bisa ngurus adek di rumah.

2. Hanis Islamic Montessori School, Kovan Center, Sg.

Mulai sekolah umur 2,5 tahun. Senin-Jumat, jam 8.30-12.00. Berhubung pake antar jemput school bus, jam 8.00 harus sudah stand by di lobby dan 12.30 baru sampe lobby lagi. Snack disediakan dari pihak sekolah. Karena sekolah Islam, tentu saja halal.

Hari pertama, ibuk ikut naek di school bus. Sampe sekolah si mas liat banyak temen-temen baru, ga nangis, mau berbaur. Ibuk diam-diam pulang. Sampe rumah telepon ke sekolah, ternyata si mas ga nangis. Hebat!!!

Hari ke-2 sampe hari ke-5, berangkat nangis pengen ibuknya ikut nganter. Tapi kakinya tetep jalan ke arah school bus. Kata supir dan asistennya, 200 meter dari rumah, nangisnya berhenti. Ibu telepon ke sekolah, si mas ga nangis di sekolah. Enjoy your time ya mas!

Efek "nempel teruss" nya hilang! Mulai berani dan mau ama orang lain (selain ibuk bapak). Review dari bu guru, di sekolah si mas tergolong pendiam. Menurut ibuk karena perbedaan bahasa. Biasa dirumah Indonesia-an, disekolah Inggris-an. It's take time... Disini cuma 5 bulan (hiks eman-eman uang pangkal nya) karena kita pindah ke Indonesia. Belum tau mau menetap dimana, Bekasi, Jakarta, Kediri (pilihan terakhir, "oh noooo").

3. Tumble Tots, Kemayoran.

Udah sampe Jakarta. Sambil cari-cari rumah menempati rumah kakak ipar di kemayoran. Sekolahnya persis di lantai dasar tower. Enak tinggal jalan kaki, 10 menit nyampe. Ga usah ongkos-ongkosan, ga usah macet-macetan. Wong sekolahnya cuma 1 jam, seminggu 3 kali.

Berhubung si mas hampir 3 tahun (kurang 3 bulan lagi), ibuk minta kelasnya yang 3-5 year, jadi ga perlu ditungguin. Si mas having fun, ibuk ngacir ke supermarket deket situ, belanja groceries. Selesai, balik lagi jemput si mas.

Kayaknya segala kegiatan yang ada jumpalitan, locat, rolling, nyanyi, gerak badan, story telling, craft, si mas suka. Ditambah mewarnai, menulis huruf dan angka. Perbandingannya 75% kegiatan melatih motorik kasar, 25% motorik halus.

Disini cuma 3 bulan karena kita pindah ke Serpong.
 

4. Tumble Tots, BSD (sebelah ITC).
 
Pindah ke Serpong Februari. Masuk ke Tumble Tots sini sebenernya menunggu waktu penerimaan murid baru disekolah yang Ibuk taksir, Juli. Lumayan, ga usah bayar uang pangkal lagi :)

5. Ar-Raihan, Kencana Loka BSD.
 
Masuk sekolah senin, rabu, jumat., jam 07.30-11.30 WIB. Waktu sekolah di Hanis dan Tumble Tots, sudah berani ditinggal sendri. Pas masuk Ar-Raihan, kelas playgroup, mungkin banyak anak-anak lain yang baru pertama kali sekolah, masih ditemani sampai didalam kelas. Nah, si mas jadi ikut-ikutan pengen ditemani Ibuk dikelas *tepokjidat*.
 
Walaupun dikelas semua guru dan teman-temannya berbahasa Indonesia, si mas tetep cerewet ngomong dalam bahasa Inggris, sesekali dengan bahasa Indonesia yang terbata-bata (laporan bu guru). Udah punya boys club (sahabat), 5 orang. Kata bu guru, 5 orang ini kalau setiap kegiatan dikelas harus dipisah, kalau ngga mereka akan seru sendiri :)
 
Waktu dikasih tau kita akan pindah (lagi) ke Sg, si mas keukeuh ga mau. Alasannya, "I want to play with my friends (sambil disebutin namanya satu persatu, sayangnya Ibuk lupaaa)"
 
Update:
 
6. Hanis, Islamic Montessori School, Upper Serangoon Road, Sg
 
Kembali ke sekolah yang dulu. Lokasinya bukan diKovan Center lagi karena gedungnya sudah rata dengan tanah. Kurang lebih 200m menuju lokasi barunya, Upper Serangoon Road. Alhamdulillah dapat guru yang sama seperti sebelum kami pindah. Positifnya, cikgu jadi tau perkembangan si mas selama setahunan. Katanya sih sekarang lebih cerewet :D

 
**********************************************************************************
 

20/04/2011

Buat Adek Mana?

BismillaaHirrohmaanirrohiim

Tulisan pertama ditahun 2011.

Awalnya, seingat saya November tahun lalu, waktu Hamzah diajak ke supermarket (adek umar dirumah sama nenek). Cah lanang minta susu. No problemo. Kita pergi ke rak susu UHT. Satu kotak ukuran 250ml pindah ke keranjang belanjaan.

"Ini buat mas Hamzah."

"Yang ini buat adek Umar", kata saya sambil ambil satu kotak susu.

Setelah itu, kalau cah lanang1 diajak ke supermarket dan minta sesuatu (ya makanan.. ya mainan.. apa pun), Ibuknya lupa cuma ambil 1 biji, langsung deh komentar,

"Buat adek mana?" sambil tangannya menengadah.

Bikin Ibuk terharu.. Subhanalloh... sayang adek ya mas, inget sama adek. Mudah-mudahan begitu seterusnya, aamin.


selalu inget adek ya mas... ^^...

No comments: