Wednesday, December 28, 2005

Cuek Beibeh

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Awal-awal datang ke Singapur agak kaget juga waktu belanja ditoko kelontong sebrang Ginza Plaza.
"Kok pelayannya judes amat sih mas? Dia marah ya ama kita?"
"Emang disini begitu, orangnya agak-agak cuek", kata mas Tham anteng.
Ooo... besok-besoknya aku ga kaget lagi kalo belanja. Pertanyaan yang dijawab ala kadarnya bahkan tanpa ekspresi, ah biasaa.

Di kali lain dalam shuttle bus menuju IMM , seorang auntie sudah duduk, walaupun dengan separuh pantatya*maaf*, dikursi sebelah ku. Kemudian berdiri lagi *tanpa melangkahkan kakinya*, duduk lagi, berdiri lagi sambil melihat sekeliling bus dan akhirnya duduk lagi dengan pantat *maaf* penuh. Mungkin si auntie masih mencari-cari kursi lain yang kosong. Tapi karena muatan penuh, yang tersisa hanya kursi disebelahku.

Awalnya heran juga sih ngeliat si auntie yang resah dan gelisah. Aku lihat ke kursinya, biasa aja, ga ada yang kotor atau apa. Aku sih, terserah aja... Yang jelas kursi disebelah kosong. Mau duduk, silahkan. Ga mau duduk, ya silahkan juga. Hehehe... giliran aku yang cuek :)

Pernah juga, siang-siang didalam rumah seperti ada bau terbakar, tepatnya bau kertas terbakar. Sempet panik dan bolak-balik ke dapur nge-cek kompor, ga menyala kok. Endus punya endus, ternyata sumbernya dari kamar depan. Ngintip dari pintu, welehhh... tempat bakarannya ternyata tepat dibalik jendela kamar depan. Bakaran punya tetangga. Yang aku ga abis pikir, beliau kan juga punya teras, kenapa taruh bakarannya ga didepan rumahnya aja. Salah satu bentuk cuek?

Kalau pagi hari lain lagi ceritanya. Deretan baju basah di tembok depan terasku plus jejeran 3 batang jemuran besi. Masih punya tetangga juga. Dan anehnya, beliau ga pernah ngomong apa pun tentang jemuran ini, enaknya kan bilang permisi kek, excuse me kek, sorry kek, apa kek. Bentuk cuek juga?

Nah, kalo tetangga atas beda lagi. Sepertinya mesin cuci beliau ga ada dryer nya. Jadilah hampir setiap pagi ada hujan lokal disekitar lubang bambu, tetesan air dari baju-baju yang masih basah. Kalo aku mau njemur diluar *pakai bambu*, sebaiknya nunggu hujan lokalnya reda, daripada pakaian yang sudah hampir kering basah lagi.

Pernah, aku njemur diluar, semua pakaian kering kecuali yang ada didekat lubang bambu. Basah *bahkan lebih basah dibanding sebelum dijemur* dan berbau. Nengok ke atas, oalaaa beliau menjemur kain pel rupanya :( Akhirnya baju-baju basah itu aku rendam lagi :( Amannya mengeringkan baju digantung aja didalam. Kecuali untuk cucian yang besar-besar seperti seprei, quilt cover, quilt, dan sejenisnya. Itupun harus sesekali diliatin, soalnya suka ada hujan lokal gelombang kedua :( Duhai tetanggaku, jangan kelewat cuek dong ah...

Menurutku sih, sikap cuek ga apa-apa selama apa yang kita kerjakan benar dan tidak merugikan orang lain. Nah, kalo cuek-cuek lain seperti diatas? Enaknya di-gimana-in dong?

*IniTermasukNgomonginOrangGaYah?Sorry*

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

No comments: